bahagia dengan berbagi

Tips Kolam Ikan Outdoor

Merawat kolam ikan outdoor memiliki kerumitan lebih besar daripada kolam indoor. Sebab kecepatan pertumbuhan lumut lebih tinggi sehingga air kolam cepat keruh. Apalagi kalau memelihara ikan Koi, kita tidak bisa menikmati keindahannya jika berenang di  air  keruh. Berikut beberapa tips kolam ikan outdoor brdasarkan pengalaman  :

  1. Kunci kejernihan air adalah filternya. Bagi kolam yg  tidak punya tempat khusus untuk penyaringan air, bisa menggunakan ember yang dilubangi bagian bawahnya. Dengan mnggunakan pompa kecil air kolam ditarik ke ember kemudian disaring menggunakan kapas saringan. Harus rajin-rajin membersihkan kapas sebab bisa jadi satu hari sudah tertutup lumut. Pengalaman saya, untuk ukuran kolam 1,5 x 2m cukup satu kapas seharga Rp 2.000 untuk seminggu. Syaratnya kapas saringan harus sering dibersihkan minimal tiap 2 hari.

    Filter Kolam dengan Ember

  2. Perhatikan sirkulasi. Ikan Koi adalah ikan yang aktif. Apabila air kolam tenang mereka juga tenang. Namun jika ada sirkulasi yang baik seperti air mancur akan membuat mereka bergerak aktif sehingga menambah keindahan.
  3. Sesekali mengganti air. Meski kolam jernih, namun sesekali harus diganti airnya. Caranya membuang 2/3 air kemudian diganti dengan air yang baru. Pengalaman saya pernah ikan mati karena airnya lama tak diganti padahal waktu itu jernih. Mungkin karena endapan bekas pakan dan kotoran ikan membuat air terganggu keasamannya. Jika hujan juga sebaiknya dikeluarkan airnya supaya tidak terlalu asam.
  4. Untuk pompa air, baik pompa filter maupun pompa sirkulasi harus rajin dibersihkan. Untuk menghindari terganggunya kerja  baling-baling mesin yang biasanya lumut masuk kesitu. Jika lampu mati, sebaiknya dicabut kabelnya, dan dicolokkan lagi 5-10 menit ketika lampu menyala kembali. Ini untuk menghindari tegangan listrik tak stabil ketika lampu hidup lagi.
  5. Jika menguras kolam, pindahkan ikan ke baskom yang airnya sudah dicampur dengan air kolam. Satu baskom besar diameter 1m bisa ditambahkan air kolam sebanyak 3-5 gayung. Ini menghindari ikan syok jika ditempatkan pada air baru. Ketika menyikat kolam, jangan dihabisi semua lumut yang menempel. Karena itu adalah makanan juga bagi ikan Koi.
  6. Bagi Anda yang kurang rajin membersihkan kolam seperti saya, ikan Sapu-sapu bisa membantu mempertahankan kejernihan kolam. Sesuai namanya, ikan ini “menyapu” lumut-lumut pada kolam dengan memakannya. Peliharalah 2-4 ekor tergantung luas kolam. Kelebihan lainnya ikan Sapu2 ini mampu hidup rukun dengan Koi.

Ikan Koi

Demikian beberapa tips berdasarkan pengalaman merawat kolam ikan outdoor. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: