bahagia dengan berbagi

Lurah Burung

picmix-1392013-182530

1. Kemarin berguru kepada orang hebat, dikenal dengan panggilan #LurahBurung

 

2. Kenapa dipanggil #LurahBurung? Karena sebelum menjabat Lurah, beliau adalah seorang penjual burung

 

3. Saya sedikit kaget ketika silaturahim kerumahnya. Rumah yg sederhana, tdk “lazim” utk seorang Kades. “Ini istana saya,”kata #LurahBurung bangga.

 

4. Sore itu, ditemani ranginang dan singkong rebus, kami ngobrol2 dengan #LurahBurung

 

5. “Tak ada yang memprediksi menang, bahkan saya sendiri,”katanya memulai pembicaraan #LurahBurung

 

6. Pilkades di desanya diikuti 2 calon. Satu lagi adalah adik dari Kades sebelumnya yg menjadi Caleg #LurahBurung

 

7. Sebelum pemilihan, sebuah koran lokal memampangkan foto rumahnya dgn foto rivalnya dgn judul ; Kaya vs Miskin #LurahBurung

 

8. Dengan modal 8 juta, itu pun dari pinjaman ke bank, ia maju #LurahBurung

 

9. Sudah menjadi rahasia umum, untuk menjadi Kades seseorang harus menyiapkan uang sampai ratusan juta #LurahBurung

 

10. Motivasinya maju sederhana, ingin menjawab fitnah saat itu bahwa ia mendapat uang dari rivalnya sebagai calon boneka #LurahBurung

 

11. Rivalnya memang orang terkaya di desa itu. Seorang pengusaha yang omsetnya miliaran rupiah sebulan #LurahBurung

 

12. Sehari menjelang pencoblosan, uang di dompetnya tinggal 50rb #LurahBurung

 

13. Orang2 berdatangan ke rumah, bukan minta uang atau yg lain, tapi justru memberi sumbangan. Ada uang, beras, rokok, sayuran dll #LurahBurung

 

14. Sampailah Hari H. Awal perhitungan sempat tertinggal, perlahan tapi pasti mengejar hingga selesai menang tipis 50 suara! #LurahBurung

 

15. Rumahnya diserbu pendukung, burung2 yg sedianya dijual, diambil masyarakat. Habis #LurahBurung

 

16.”Sampai sekarang saya masih punya hutang,”katanya. Utk bayar ini itu, termasuk syukuran dll #LurahBurung

 

17. Lalu apa rahasia kemenangannya? “Saya ini tukang antar warga yg berobat ke RS. Bagian pendaftaran sudah hapal dgn saya,”katanya. #LurahBurung

 

18. Aktivitas ini dilakukan selama 6 tahun. “Saya ingin warga yg sakit mendapat pengobatan yg layak,”katanya. #LurahBurung

 

19. “Ketika menjadi Kaur Pembangunan di Desa, saya merasa makan gaji buta.Lalu saya berpikir apa yg bisa saya perbuat utk warga.” #LurahBurung

 

20. “Saya kerjakan Lillaahita’ala. Tdk mikir yg lain-lain.Pokoknya warga bisa sembuh.” #LurahBurung

 

21. “Pernah saya menghadap langsung direktur RS, utk mendapat keringanan. Sampai sang direktur sendiri yg menambahkan dgn uang pribadi.” #LurahBurung

 

22. “Pernah waktu merujuk warga ke RSCM, saya harus ke lantai 7. Tdk ngerti naik lift, ikut saja orang lain yg ternyata ke lantai 9.” #LurahBurung

 

23. Hmm ini rahasianya. Ketulusan dalam kemanusiaan. Mungkin doa orang2 yg pernah ditolongnyalah yg membuka pintu langit hingga diberikan kemenangan #LurahBurung

 

24. Selain apa adanya, menurutku #LurahBurung ini juga rendah hati. Ada Marlboro dan Dji Sam Soe, tp krn tahu kami tdk merokok ia menahan diri.

 

25. Berbeda dgn beberapa tokoh yg kami kunjungi. Entah merasa superior atau apa, terus saja merokok, meski kami sdh kode dgn batuk2 #LurahBurung

 

26. Demikian #LurahBurung Semoga kita bisa meneladani ketulusan beliau.

 

Tinggalkan Balasan

